Author Avatar

admin

0

Share post:

Seperti apa sih jenis pelumas bearing terbaik? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, pastikan bahwa Anda telah mengetahui apa pelumas itu sendiri. Dengan demikian pemilihannya pun dapat dilakukan dengan tepat. 

Apa itu pelumas?

Pelumas dikenal sebagai salah satu bagian yang dapat mengoptimalkan gesekan dari dua komponen berbeda. Komponen itu sendiri umumnya hadir pada bagian mesin atau bahkan kendaraan. 

Kebanyakan orang lebih mengenal pelumas dalam bentuk oli. Namun selain oli ada pula jenis pelumas lainnya yang dapat Anda gunakan, termasuk untuk kebutuhan bearing. Pelumas tersebut dikenal dengan sebutan grease. 

Grease atau sering pula disebut sebagai gemuk bearing adalah salah satu pelumas yang dapat memperpanjang usia pakai. Gemuk juga dapat mengoptimalkan kinerja dari komponen gerak yang terdapat dalam mesin. Salah satunya terdapat pada bagian kendaraan dan mesin lainnya. 

Mengenal jenis grease 

Sebagai salah satu pelumas yang banyak digunakan pada mesin. Grease hadir dengan penggunaan beberapa bahan yang berbeda. Karena itulah ia pun dapat dibedakan menjadi beberapa jenis berikut ini : 

  • Grease lithium 

Grease lithium dikenal sebagai salah satu pelumas yang banyak digunakan. Bahkan keberadaannya pun dinyatakan sebagai pelumas serbaguna. Untuk penggunaannya pun umumnya dilakukan secara periodik. 

Jenis grease yang satu ini banyak digunakan pada bagian kemudi, suspensi, bantalan roda, rack, poros roda dan lainnya. 

  • Grease karet 

Berbeda dengan grease di bagian atas tadi. Grease karet dikenal dengan penggunaan bahan yang berasal dari bahan nabati. Penggunaannya itu sendiri ditujukan untuk mencegah komponen karet agar ia tidak memuai. 

Jenis grease yang satu ini umumnya digunakan pada komponen rem. 

  • Grease molybdenum disulphide 

Untuk jenis grease yang satu ini, ia dikenal dengan fungsinya yang dapat bekerja secara maksimal. Utamanya pada bagian dengan temperatur tinggi. 

Sementara itu, untuk pengaplikasiannya grease ini umumnya diterapkan pada lengan suspensi. Kemudian pada cross joint, ball joint, opinion dan juga rack. 

  • Grease sintetik  

Tampil berbeda dengan beberapa jenis grease di bagian atas tadi. Grease sintetik ini dikenal dengan karakteristiknya yang tidak tahan terhadap suhu tinggi. Selain itu, ia juga dikenal sebagai jenis grease yang mudah memuai. 

Demikianlah kiranya penjelasan singkat mengenai jenis grease dari pelumas bearing terbaik yang dapat Anda pilih. 

Prinsip Kerja Hidrolik Seal untuk Merekatkan Alat Berat
Tips dalam Menentukan Cinderamata Pernikahan yang Sesuai dengan Kebutuhan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *