Prinsip Kerja Hidrolik Seal untuk Merekatkan Alat Berat

seal skf

Seal adalah sebuah komponen industri yang digunakan sebagai alat penyegel dua logam. Alat seal skf atau segel yang dibuat memiliki berbagai macam ukuran dan jenis. Bisa disesuaikan dengan kondisi logam atau ring yang Anda miliki. 

Prinsip kerja seal itu sendiri bisa Anda simak berikut!

Prinsip kerja seal atau segel

Seal atau segel dipecah menjadi 2 bagian yaitu seal minyak dan seal gas. Untuk seal secara umum dipakai mencegah timbulnya sebuah kebocoran baik dari gas atau minyak. Kebocoran yang ditimbulkan akan membahayakan lingkungan, bisa memicu kebakaran. 

Karet segel atau seal hidrolik dan pneumatik terdiri dari 4 bagian antara lain:

  • Piston seal terletak di Piston
  • Rod Seal terletak di Housing
  • Guide Ring yang digunakan sebagai pemisah agar terhindar dari gesekan piston dengan silinder
  • Dust Seal dipakai menghalangi kotoran masuk menuju area sistem.

Rekomendasi seal atau segel industri

Jika Anda ingin menggunakan seal skf untuk kebutuhan segel alat bisa memilih seal atau segel dengan rekomendasi yang disarankan:

  • Segel hidrolik atau hydraulic seal lebih bagus jika menggunakan bahan dengan tekstur keras dan ulet agar tekanan yang mengalir pada seal atau segel bisa diatur.. 
  • Segel pneumatik atau pneumatic Seal akan sangat pas jika diaplikasikan memakai bahan fleksibel agar gas tidak mudah bocor.  Mengingat aliran gas sangat cepat dan mudah menyesuaikan dengan lingkungan potensi kebocoran akan mudah dideteksi melalui bau yang menyengat. 
  • Guide Ring bisa memakai bahan dengan sifat self lubrication atau pelumas (PTFE atau Filled PTFE).

Seal skf atau segel yang diproduksi tersedia berbagai macam ukuran dan model, ada seal yang dipakai untuk menyegel 2 komponen tak bergerak namun ada juga seal yang digunakan untuk menyegel dua komponen bergerak. Intinya, seal atau segel yang masih bagus akan menghalangi kebocoran gas atau minyak dari dua komponen sambungan. Dengan adanya batasan seal diharapkan secara maksimal tidak ada kotoran masuk dan atau menjaga sambungan yang tidak rata menjadi rata.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *