Jenis Alat Tes Ovulasi di Apotik

ilustrasi apotik

Bagi Anda yang ingin menggunakan alat tes kesuburan perlu ketelitian karena alat tersebut hampir serupa dengan alat tes kehamilan. Alat tes ovulasi di apotik terbagi menjadi tiga jenis dengan berbagai kelebihan. Penasaran jenis apa saja? Simak penjelasan berikut ini!

Strip

Alat tes kesuburan yang satu ini memiliki bentuk dan model strip. Model ini biasanya dipasarkan dengan harga yang terjangkau dan mudah ditemukan pada apotik. Namun bisa dipastikan bahwa tingkat akurasinya rendah sehingga kurang cocok digunakan bagi Anda yang hanya menggunakan alat tes kesuburan untuk pemeriksaan. Lain halnya apabila Anda turut memeriksa kondisi kesuburan pada ahli kandungan, maka untuk langkah awal bisa diatasi dengan alat tes kesuburan jenis strip. 

Harganya yang terjangkau dan mudah ditemukan menjadikan alat ini sering distok oleh para wanita. Jadi para wanita yang telah menikah memutuskan untuk membeli dalam jumlah banyak. Hal itu karena mereka dapat menggunakan alat tersebut secara rutin tanpa perlu keluar untuk membeli berulang kali. Mereka juga akan mengetahui masa subur sehingga tidak melewatkannya begitu saja terutama bagi yang ingin segera hamil maupun tunda hamil. 

Compact

Selain jenis strip, alat tes ovulasi di apotik juga ada yang jenis compact. Alat tes kesuburan yang satu ini tampak lebih modern karena berbentuk digital. Kelebihan alat ini terletak pada kemampuannya dalam mendeteksi dua jenis hormon yakni LH dan estrogen. Selain itu ada pula hal menarik lainnya yang mana alat ini sangat akurat untuk mendeteksi masa subur dan lebih detail dibandingkan alat tes ovulasi lainnya. 

Cara penggunaan alat ini sama dengan alat tes kehamilan. Mula-mula Anda harus menampung air seni ke dalam wadah bersih dan kering. Lakukan tes kesuburan lebih dari satu hari sebelum mendapatkan hasil sesuai keinginan Anda. Kemudian pegang ujung alat tes dan celupkan kedalam air seni yang telah ditampung, biarkan selama 5 detik. Lalu angkat dan letakkan pada permukaan yang kering dan bersih. Hasil tes akan ditampilkan dalam waktu 40 detik, namun lebih baik lagi konfirmasi hasil hingga 10 menit. 

Scope

Selanjutnya ada alat tes kesuburan jenis scope. Alat tes ini digunakan menggunakan media tes air liur. Alat ini juga dapat digunakan berulang kali dan tentunya berbeda dengan jenis alat tes lainnya yang hanya bisa digunakan sekali. Anda bisa menggunakannya dengan mudah dan praktis. Alat ini juga ramah lingkungan karena penggunaan dapat dilakukan berulang kali setelah dibersihkan. Air liur yang digunakan bisa langsung dari ujung lidah sehingga Anda tidak membutuhkan wadah penampungan seperti air seni. Hasilnya akan keluar setelah 7 hingga 10 menit. 

Itulah beberapa jenis alat tes ovulasi di apotik yang dapat Anda gunakan untuk mengecek masa subur. 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *