Tips Memilih Baja Ringan Taso Terbaik

Saat ini banyak jenis baja ringan yang beredar luas di pasaran. Hal ini kerap membuat para pembeli bingung harus memilih yang mana. Salah satu merek baja ringan yang sudah terkenal dan tidak diragukan lagi kualitasnya yaitu baja ringan taso terbaik. Namun, dalam memilih baja ringan juga perlu hati-hati karena bukan tidak mungkin ada juga yang imitasi. Secara kasat mata mungkin anda bisa membedakan mana yang asli dan imitasi. Namun, anda juga perlu menerapkan beberapa tips berikut untuk mendapatkan baja ringan taso terbaik.

Cek Lapisan Anti Karat 

Memilih baja ringan dengan lapisan anti karat sangat penting. Hal ini sangat dibutuhkan saat anda melakukan proses pemasangan agar baja terhindar dari karat yang bisa saja terjadi. Baja ringan umumnya terdiri dari dua lapisan anti karat yaitu zinc (galvanis) dan aluminium (zinc galvalum). Zinc tahan pada semen dan tidak tahan pada garam. Sementara untuk galvalum lebih tahan zat korosif. Maka lapisan ini banyak dipilih untuk rangka atap. 

Cek Garansi 

Selain mengecek lapisan anti karat, anda juga perlu mengecek garansinya. Pastikan anda memilih baja yang berstandar SNI juga bergaransi. Adanya garansi akan memudahkan anda saat pemasangan, terutama jika terdapat kerusakan, baik itu kerusakan karena kurangnya tegangan ataupun korosi yang mungkin tak terlihat saat anda membelinya. Anda bisa tanyakan garansi ini pada penjual.

Pilih Yang Ber- Sni

Selain dua hal di atas, tips lainnya dalam memilih baja ringan berkualitas harus pilih yang berSNI. Baja ringan yang berstandar SNI menunjukkan kualitas dari baja itu sendiri, baik dari segi ketahanan maupun kekuatannya. Dengan begitu, konstruksi baja ringan tersebut terhindar dari kemungkinan roboh. Salah satu baja ringan yang sudah berstandar SNI ini adalah taso.

Perhatikan Bracing 

Baja ringan taso terbaik memang memiliki ketebalan yang lebih tipis jika dibandingkan dengan baja konvensional. Namun, hal inilah yang menjadikan baja ringan memiliki kekuatan yang baik. Hal ini juga menjadikannya sangat fleksibel untuk dijadikan rangka baja dan atap. Hal ini bisa menjadi kelebihan, namun bisa juga menjadi kekurangan jika anda tidak mendapatkan penyangga/ bracing yang tepat. 

Itulah beberapa tips dalam memilih baja ringan terbaik yang perlu anda perhatikan. Semoga bermanfaat!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *