Memahami Tentang Perbedaan yang Ada Pada Spandek Bondek

Ilustrasi spandek bondek

Memilih bahan mana yang tepat sebagai bagian dari bahan bangunan yang digunakan penting untuk diketahui, apalagi jika bahan tersebut terbuat dari hal yang sama. Meskipun begitu, spandek bondek juga memiliki perbedaannya masing-masing yang perlu untuk diketahui. Bahan keduanya memang sama, namun material tersebut memiliki karakteristik yang berbeda satu dengan lainnya.

Karakteristik Bahan Spandek

Salah satu bagian dari spandek bondek, yaitu bahan spandek yang juga merupakan bahan yang biasa digunakan untuk atap bangunan. Bahan ini secara umum merupakan campuran dari aluminium, zinc, dan juga silikon dengan perbandingan komposisi sebesar 55% untuk aluminium, 43% untuk zinc, dan juga 2% untuk silikon. Nama lain dari bahan ini juga merupakan atap aluminium karena komposisi dari bahan tersebut.

Bahan ini biasa digunakan untuk pemilik bangunan yang menginginkan penggunaan warna tertentu pada atapnya karena bahan ini cukup mudah untuk diberi cat. Bahan ini sendiri memiliki beberapa jenis ukuran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Bahan ini cukup menjadi banyak digunakan karena ketahanannya yang cukup lama jika digunakan sebagai atap dari bangunan. Namun, bahan ini biasanya tidak digunakan untuk bangunan rumah karena sifatnya yang mudah untuk menghantarkan panas sehingga tidak cocok untuk rumah.

Karakteristik Bahan Bondek

Bahan spandek bondek yaitu bondek merupakan plat besi yang memiliki galvanis sebagai pelapisnya sehingga sifat dari bahan ini sulit untuk menjadi karatan. Bahan ini sendiri secara umum lebih banyak digunakan sebagai bagian untuk membuat lantai. Penggunaan bahan ini juga mempermudah proses dari pemasangan lantai dan juga menghemat biaya sehingga banyak yang menggunakannya. Hal ini dikarenakan mempengaruhi proses pengecoran dak itu sendiri.

Bondek ini sendiri juga memiliki ukuran ketebalan dengan berbagai variasi sehingga dapat menyesuaikan dengan kebutuhan pengecoran dak yang akan dilakukan. Selain untuk lantai, bondek juga digunakan untuk bekisting.  Namun, pemasangannya sendiri juga perlu untuk dilakukan secara rapi agar semua material dapat berguna dengan baik. Hal ini dikarenakan sisa dari bondek tidak dapat digunakan pada sisa yang ada pada tepi bangunan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *