Persiapan Melakukan Pemeriksaan Tuba Falopi

ilustrasi pemeriksaan

Sebagai wanita, tentunya sangat penting untuk memperhatikan kesehatan organ reproduksi Anda. Sejak dini Anda harus selalu sadar bahwa rahim seorang wanita itu harus benar-benar dijaga dengan baik sehingga dengan demikian tidak ada penyesalan di masa yang akan datang. Untuk Anda yang ingin memeriksakan kesehatan rahim Anda maka Anda bisa melakukan pemeriksaan tuba falopi sebagai salah satu pemeriksaan yang bisa membantu Anda untuk melihat adanya kelainan di rongga rahim dan saluran indung telur Anda. Apa saja persiapan yang harus dilakukan? Berikut informasinya :

Periksa Ke Dokter Spesialis & Ketahui Siklus Haid

Tentunya jika Anda tertarik untuk melakukan pemeriksaan tuba falopi ini Anda sebaiknya melakukan pemeriksaan terlebih dulu ke dokter spesialis kandungan atau spesialis kesuburan untuk mengetahui lebih lanjut seperti apa prosedur pemeriksaan tuba falopi ini. Untuk melakukan pemeriksaan tuba falopi ini Anda juga harus tahu siklus haid Anda karena nantinya pelaksanaan pemeriksaan tuba falopi ini biasanya dilakukan pada 5 hari sampai 10 hari setelah haid. Pastikan juga bahwa saat Anda akan melakukan pemeriksaan tuba falopi ini, Anda tidak dalam keadaan hamil, sebab jika pemeriksaan tuba falopi ini dilakukan pada wanita yang sedang hamil maka bisa membahayakan bagi janin yang sedang dikandungnya. Jika Anda memiliki siklus haid yang tidak teratur maka sebelum dilaksanakannya pemeriksaan ini, akan dilakukan tes kehamilan lebih dulu.

Beritahukan Dokter Jika Ada Alergi Makanan

Saat Anda melakukan pemeriksaan tuba falopi nantinya akan disuntikkan cairan kontras pada rongga rahim Anda untuk mengetahui apakah ada kelainan atau tidak pada rongga rahim dan saluran indung telur Anda. Meski kemungkinannya kecil namun ada juga yang mengalami reaksi alergi pada cairan kontras yang dimasukkan ke dalam rongga rahim, maka dari itu sebaiknya Anda sampaikan pada dokter Anda jika Anda memiliki alergi terhadap makanan tertentu agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Selain itu nantinya Anda akan diberikan obat anti inflamasi pada hari dilaksanakannya pemeriksaan tuba falopi untuk mengurangi rasa nyeri yang mungkin dirasakan saat pemeriksaan tuba falopi berlangsung.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *