3 Keuntungan Deposito Dijamin LPS

Ilustrasi deposito LPS

Setiap orang pasti ingin dana yang disimpan di bank mendapatkan bunga yang cukup tinggi dalam tenor waktu pendek. Salah satu produk perbankan yang banyak dicari oleh konsumen adalah deposito dan sampai saat ini ada beberapa keuntungan deposito dijamin LPS, diantaranya yaitu:

  • Deposito termasuk produk perbankan yang aman dari tindak kriminalitas dan pada saat uang didepositokan, ada penggantian yang akan dilakukan oleh LPS apabila bank tempat menyimpan deposito dinyatakan bangkrut.
  • Resiko deposito lebih kecil dan ringan jika dibandingkan dengan penyimpanan uang di reksadana saham. Hal ini karena uang yang dimasukkan kedalam deposito tidak terpengaruh pergerakan pasar.
  • Nilai tambahan deposito akan didapatkan per tenor meski tidak terlalu banyak.

Dari keuntungan diatas, berikut adalah beberapa langkah yang perlu Anda lakukan untuk memastikan deposito aman di bank.

  1. Rekening deposito yang Anda buat tercatat dalam pembukuan bank dan saldo tabungan deposito wajib diperiksa secara periodik, agar Anda memiliki catatan lengkap fluktuasi bunga deposito yang Anda dapatkan pada periode penyimpanan.
  2. Anda tidak boleh memiliki kredit macet di bank dan apabila memiliki cicilan di bank, akan lebih baik jika Anda melunasi semua cicilan tepat waktu.
  3. Mengecek bunga deposito dijamin LPS, secara berkala dan meminta ke bank agar bunga yang diberikan tidak melampaui bunga penjaminan LPS.

Pada dasarnya bank dengan deposito dijamin LPS wajib menjalankan dan melakukan pengawasan terhadap simpanan deposito yang berasal dari para nasabah. Hal tersebut karena bank peserta LPS memiliki beberapa kewajiban, seperti:

  • Menyampaikan laporan secara berkala terkait laporan posisi simpanan, laporan bulanan keuangan bank, laporan tahunan bank yang telah diaudit baik oleh audit internal maupun eksternal, laporan susunan pemegang saham, seluruh badan pengendali bank yang berbadan hukum hingga komisaris bank.
  • Menempatkan bukti kepesertaan bank, baik kantor pusat, kantor cabang pembantu, kantor cabang utama bahwa bank yang bersangkutan telah tergabung dalam LPS. Dengan begitu, edukasi kepada masyarakat umum akan dapat dilakukan dengan lebih mudah.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *